Cara Mengatasi Komputer Hang, Macet, Dan Not Responding Cepat Dan Simpel

Mengatasi Komputer/Laptop Hang Not Responding Mudah dan Cepat. Sebagai manusia melenial atau modern kita memang tidak bisa jauh dari yang namanya komputer atau laptop, perangkat ini sudah akrab dan sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Seperti mengerjakan tugas, bekerjaan sehari-hari, atau hanya dengan mengisi waktu luang kita akan nyaman dengan yang namanya laptop atau komputer ini.

Memang ada kalanya laptop/komputer PC itu mengalami error, atau  yang biasa kita sebut dengan hang, macet, not responding, crash atau lainnya.

Cara Mengatasi Komputer Hang, Macet, Dan Not Responding Cepat Dan Simpel

Penyebab Komputer Menjadi Hang


Nah berhubung kali ini kami punya waktu yang lebih, kami akan berusaha membantu Kamu yang sedang mengalami komputer error, sebenarnya banyak sekali faktor-faktornya, bisa hardware, software ataupun isa juga dari human atau user itu sendiri.

Baiklah akan kami coba jelaskan Beberapa Hal Yang Membuat Komputer Mengalami Hang, Not Responding, Macet, Error, Mati, dan lain-lain.

Virus Komputer
Nah untuk pertama-tama yang akan menjadi sasaran utama mengenai laptop / komputer error adalah virus komputer, memang tidak salah sih, karena ada sebagian virus komputer yang kerjannya menghambat sistem komputer itu sendiri, kami menyarankan untuk rutin mengupdate antivirus karena dengan begitu  komputer kita akan lebih aman dan sehat.

OS WIndows / Software Aplikasi Bermasalah
Apabila sistem operasi windows kita bermasalah, maka tentunya akan membuat mesin dan sistem komputer menjadi error, salah satunya adalah Hang. Cobalah untuk mencari lisensi atau software yang asli bukan yang bajakan, apalagi yang telah terkena virus.

Memory RAM Penuh
Yah, memory RAM ini memang menjadi masalah yang perlu untuk diperhatikan, karena RAM itu sendiri diibaratkan seperti lapangan, kalau lapangannya luas, longgar maka seluruh aktivitas akan mudah untuk dikerjakan, tetapi kalau lapangan itu sempit, maka jangankan aktivitas, untuk bergerak pun akan sulit, oleh sebab itu segera upgrade memory RAM Anda.

Hardisk Bermasalah
Salah satu yang membuat error tentu saja itu bisa berasal dari hardisk, karena di hardisk lah seluruh data yang disimpan dibaca, kalau kita tidak merawatnya dengan baik maka akan terjadi low space ataupun badsector, lakukan tune up atau gunakan ccleaner untuk merawat hardisk kita.

Mengatasi Komputer Hang, Error, Macet


Setelah kita mengetahui apa saja yang menyebabkan computer beramasalah, maka  pada bagikan ini kami akan mencoba memberikan solusi untuk mengatasi komputer Hang atau macet.

Baiklah agar tidak lama-lama langsung saja ya, simak Metode Mengatasi Komputer/Laptop Hang, Macet dan Not Responding Maupun Error berikut ini:

 1. Tutup atau Close Aplikasi Yang Hang Secara Paksa
Cara pertama untuk mengatasinya adalah dengan melihat aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, cobalah untuk menekan tombol “CNTRL+ALT+DEL” setelah itu akan muncul fitur Task Manager, pilih salah satu software atau aplikasi yang macet, lalu tekan “End Task”.

2. Lakukan Hard Shutdown Komputer
Cara kedua ini lumayan agak ekstream sih, karena kita akan mematikan proses komputer secara paksa, artinya kita mematikan komputer tidak pada jalurnya, lakukan ini disaat penting saja, karena kalau keseringan malah akan merusak elemen atau mesin lainnya, seperti memory, hardisk, monitor, prosecor dan lain-lain. Untuk melakukan Hard shotdown cukuplah mudah, hanya dengan menekan tombol “Power” agak lama, sekitar kurang lebih 5-10 detik, dan tunggu maka komputer akan mati.

3. Segera Bawa Atau Hubungi Teknisi Komputer Anda Untuk Diservis
Jika cara pertama dan kedua juga gagal, alias masih saja error maka langkah terakhir adalah kita bawa ke teknisi komputer, biasanya disana ada cara lain untuk mendeteksi kerusakan komputer.

Baiklah demikian Cara Mengatasi Komputer Hang, Macet, Dan Not Responding Cepat Dan Simpel yang dapat kami sajikan untuk Anda semuanya, semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi buat kita semua, sampai jumpa dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel